Rabu, 23 November 2016

zina mata dan zina hati


يعلم خائنة الاعين وما تخفى الصدور


Artinya : Dan (Allah) mengetahui (pandangan) mata yg khianat dan apa yg di sembunyikan oleh hati. (QS. Ghaafir : 19)

Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata:

سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن نظر الفجاءة فأمرنى ان اصرف بصرى


Artinya : aku bertanya kpd Rasulullah saw dari pandangan tiba2 (tdk sengaja) mk beliau memerintahkanku untuk memalingkan pandanganku. (HR. Muslim)

makna pandangan tiba2 adalah pandangan kpd wanita ajnabiyah tanpa sengaja, tdk ada dosa baginya pd pandangan pertama dan wajib untuk memalingkan pd saat it juga.

Apabila di palingkan pd saat it jg mk tdk berdosa tp apabila terus-menerus memandang, mk berdosa berdasarkan hadist ini.

Seorang penyair berkata:

كل الحودث مبدأها من النظر * ومعظم النار من مستصغر الشرر.

كم نظرة بلغت فى قلب صاحبها * كمبلغ السهم بين القوس والوتى.

والعبد ما دام ذا طرف يقلبه * فى اعين الناس موقوف على الخطر.

يسر مقلته ماضر مهجته * لا محر حبا بسر ورعاد بالضرر.


Artinya : Seluruh malapetaka sumbernya berasal dari pandangan * dan besarnya nyala api berasal dari bunga api yg kecil.

Betapa banyak pandangan yg jatuh menimpa hati yg memandang * sebagaimana jatuhnya anak panah yg terlepaskan antara busur dan talinya.

Selama seorang hamba masih memiliki mata yg bisa ia bolak balik * mk ia sedang berada di atas bahaya di antara pandangan manusia.

Menyenangkan mata apa yg menjadikan penderitaan jiwa*sungguh tdk ada kelapangan dan keselamatan dg kegembiraan yg mendatangkan penderitaan.



>> Ical Rizaldysantrialit

- Dalam shohih bukhori,demikian 

ﺍﻟْﻌَﻴْﻦُ ﺗَﺰْﻧِﻲ، ﻭَﺍﻟْﻘَﻠْﺐُ ﻳَﺰْﻧِﻲ، ﻓَﺰِﻧَﺎ ﺍﻟْﻌَﻴْﻦِ ﺍﻟﻨَّﻈَﺮُ، ﻭَﺯِﻧَﺎ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐِ ﺍﻟﺘَّﻤَﻨِّﻲ، ﻭَﺍﻟْﻔَﺮْﺝُ ﻳُﺼَﺪِّﻕُ ﻣَﺎ ﻫُﻨَﺎﻟِﻚَ ﺃَﻭْ ﻳُﻜَﺬِّﺑُﻪُ 

“Mata itu berzina, hati juga berzina. Zina mata dengan melihat (yang diharamkan), zina hati dengan membayangkan (pemicu syahwat yang terlarang). Sementara kemaluan membenarkan atau mendustakan semua itu.” 
(HR. Ahmad) 


- Syarah 'Uquudul lujain


(وَقَالَ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كُتِبَ عَلَىَ ابْنِ آدَمَ) أي قضى عليه وأثبت في اللوح المحفوظ (نَصِيبُهُ مِنَ الزّنَا) أي مقدماته كما نقله العزيزي عن المناوي (مُدْرِكٌ) أي فهو مدرك (ذَلِكَ)  أي ما كتب عليه (لاَ مَحَالَةَ) بفتح الميم أي لا بد ولا شك (فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النّظَرُ) إلى ما لا يحل (وَالأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الاِسْتِمَاعُ)  إلى ما لا ينبغى شرعا (وَاللّسَانُ زِنَاهُ الْكَلاَمُ) بما لا ينفع دنيا ولا دينا (وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ) أي القهر والأخذ بالعنف (وَالرّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا) بضم الخاء المعجمة  أي نقل الأقدام إلى مل لا يحل (وَالْقَلْبُ يَهْوَى) بفتح الواو أي يحبّ (وَيَتَمَنَّى) مالايحل (وَيُصَدّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ أَوْ يُكَذّبُه) أي بالإتيان بما < ص 17 > هو المقصود من ذلك، أو بالترك. رواه مسلم عن أبي هريرة. 


Rosulullah SAW bersabda : Telah di tetapkan atas bani adam,jika tertulis di lauhil mahfudz ia berzina,maka itu akan terjadi,pasti !
Zina kedua mata adalah melihat pada hal yang tidak halal baginya,Zina kedua kuping adalah ketika diperdengarkan pada hal yang tak sepantasnya di dengar menurut syara' ,Zina lisan adalah digunakan untuk mengatakan sesuatu yang tidak ada manfaatnya bagi dunia dan agamanya,Zina tangan adalah merebut paksa ,Zina kaki adalah digunakan untuk melangkah/berjalan menuju tempat yang tidak halal baginya,Dan hati ketika ditumpangi syahwat dan berharap sesuatu yang tak halal,adakalanya farjinya ikut membenarkan atau menganggap itu hanya dusta

وقال عليه السلام: {لِكُلِّ ابْنِ آدَمَ حَظٌّ مِنَ الزِّنَا، فَالعَيْنَانِ تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا النَظَرُ، وَاليَدَانِ تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا البَطْشُ، وَالرِّجْلاَنِ تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا المَشْيُ، وَالفَمُ يَزْنِيْ وَزِنَاهُ القُبْلَةُ، وَالْقَلْبُ يَهُمّ أَوْ يَتَمَنَّى وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الفَرْجُ أَوْ يُكَذِّبَهُ} كذا في الإحياء.

Rosul SAW bersabda : Pada setiap bani adam ada bagian dari zina.Kedua mata berzina dan zina keduanya adalah melihat,Kedua tangan berzina dan zina keduanya adalah merampas (mengambil paksa/tanpa hak).Kedua kaki berzina dan zina keduanya adalah digunakan berjalan ketempat yang tak halal.Mulut berzina dan zinanya adalah melakukan ciuman.
Dan hati berangan-angan atau mengharap/menghayalkan sesuatu yang tak halal baginya.


>>> Ghufron Bkl

Anggota badan itu memang berpotensi unt berbuat zina : Zina mata adalah penglihatan yang digunakan untuk melihat hal2 yg di haramkan oleh Allah. Sedangkan zina hati adalah hati mempunyai keinginan pd yg di haramkan kpd ALLAH.

 .كتب على ابن آدم نصيبه من الزنا مدرك له لا محالة العينان زناهما النظر والأذنان زناهما الإستماع واللسان زناه الكلام واليد زناها البطش والرجل زناها الخطا والقلب يهوي و يتمنى و يصدق ذلك الفرج أو يكذبه. الحديث. إسعاد الرفيق : ص : ٦٧ 


Memandang foto yg mengumbar aurat hukumnya adalah harom.

 .فتصوير النساء عاريات أو شبه عاريات و إبراز موانع الأنوثة و الفتنة منهن و رسمهن أو تصويرهن في أوضاع مثيرة للشهوات موقظة للغوائر الدنيا كما ترى ذلك واضحا في المجلة والصحف و دور السينما كل ذلك مما لا شك في حرمته و حرمة تصويره وحرمة نشره على الناس وحرمة إقتنائه واتخاذه في البيوت أو المكاتب والمجلات وتعليقه على الجدران وحرمة القصد إلى رؤيته ومشاهدته. الحلال والحرام في الإسلام : ص : ١١٣ :

Sisi yg memberi foto jga ikut berdosa krn Sisi termasuk membantu dan pelantara pada perbuatan ma'siat.

 ومنها الإعانة على المعصية أى على معصية من معاصي الله بقول أو فعل أو غيره تم إن كانت المعصية كبيرة كانت الإعانة عليها كذلك

إسعاد الرفيق ٢/١٢٧

و بيان ذلك أن موارد الأحكام قسمان مقاصد وهي الأمور المكونة للمصالح والمفاسد في أنفسها أى التي هي في ذاتها مصالح أو مفاسد و وسائل وهي الطرق المقضيةإليها وحكمها حكم ما أفضت إليه من تحليل أو تحريم غير أنها أخفض رتبة من المقاصد في حكمها 

أصول الفقه لمحمد أبو زهرة : ص : ٢٨٨

Tidak ada komentar:

Posting Komentar